You are here
Home > Tips > Tips Mixing Menggunakan Digital Console

Tips Mixing Menggunakan Digital Console

Tips Mixing Menggunakan Digital Console

Tips Mixing Digital Console

Bisa karena terbiasa,  kalimat tersebut adalah adalah salah satu pepatah yang main populer.  Artinya,  jika kita telah terbiasa melakukan suatu kegiatan,  bahkan yang sulit sekalipun,  maka kita akan merasa kegiatan itu cukup mudah untuk dilakukan.  Demikian juga halnya dengan mixing. Pada saat awal kita mempelajari cara mixing audio dengan mixer analog,  mungkin kita juga merasakan kesulitan.  Namun,  setelah bertahun-tahun menguasainya,  mixing dan mixer analog menjadi mudah.  kemudian,   masuklah era digital mixing console.  Namun,  beberapa di antara kita malah mengatakan bahwa mixer analog lebih mudah,  sedangkan mixer digital kita lebih sulit.  padahal,  pada awalnya belajar mixing dengan mixer analog,  kita juga mengalami sedikit kesulitan. Jadi, bisa saja kita sebut bahwa penelitian tersebut cenderung kurang relevan. Namun demikian, perlulah kita mengambil langkah laksana.  Karena,  pada kenyataannya beberapa mixer digital memiliki tingkat kesulitan yang bervariasi. Jadi,  Apakah ada hal-hal yang sebaiknya kita ketahui seputar mixing dengan digital mixing console ini?.

Outlook Surface Analog Mixing Console

 tampak luar dari beberapa analog mixing console hampir selalu sama.  Hampir dapat dipastikan bahwa tampilan dan tatanan mixer analog pastilah sama atau setidaknya banyak sekali kemiripannya .  Sehingga,  kita boleh merasa bahwa pengoperasian mixer analog sangat mudah atau familiar.

Outlook  Surface Digital Mixing Console

Sebaliknya, tampak luar digital mixing console cenderung berbeda-beda satu sama lain. Baik konsep pembuatannya,  tampilannya. maupun tatanan bisa sangat berbeda satu sama lain. Kenyataan ini dapat terjadi karena produsen memiliki filosofi dan sudut penilaian yang berbeda-beda pula. Namun, Tujuan sebenarnya dan inti utamanya adalah ingin mempermudah operasional, jadi hindarilah digital mixing console yang sulit dalam pengoperasiannya. Sebab, ini pasti jenis yang kurang pas untuk investasi anda.

Seberapa mudahkah kita melakukan mixing

Ada filosofi yang mengatakan bahwa yang paling  sulit dari mixing adalah  mengatur level input tiap channel . Jadi,  mengatur level input pastilah sering dilakukan.  Maka,  diciptakan digital mixing console dengan input fader level terletak di surface juga terdapat 48 fader level + fader outputnya.

Filosofi yang lain mengatakan, bagian terpenting dalam mixing adalah bagaimana kita mampu mengatur karakter setiap input yang ada dengan cepat. Karena kualitas suara sangat ditentukan oleh karakter tiap input atau sumber suara, maka diciptakan digital mixing console dengan parametik EQ yang terekspos dengan baik di surfacenya. akan tetapi, Ada pula yang memadukan ke dua filosofi tersebut.

Ketiga filosofi di atas,  Apakah baik?  Manakah yang cocok untuk anda?  Pilihlah berdasarkan kebiasaan mixing anda masing-masing.

Inti dari tips kali ini adalah ” Jangan takut pada kesulitan yang ada “.yang terpenting adalah Bisakah kita mewujudkan impian kita untuk menghasilkan suara yang baik?

Itulah tips mixing menggunakan Digital Console Dari GabsDaily.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top