You are here
Home > Tips > Teknik Rekaman Vokal Supaya Terdengar Profesional

Teknik Rekaman Vokal Supaya Terdengar Profesional

Teknik Rekaman Vokal Supaya Terdengar Profesional

Vokal atau suara manusia adalah satu dari instrumen yang paling dinamis yang bisa Anda rekam. Dari suara sunyi hingga berteriak keras dalam sekejap. Pada saat kamu merekam vokal, perlu tahu soal perbedaan volume, ini bisa berakibat fatal ketika harus mencampur vokal dan memilikinya dengan baik dengan trek lainnya.

Mungkin yang di maksud yaitu gaya vokal yang kadang bersuara lantang terkadang juga bersuara lembut dalam menyanyikan sebuah lagu. Perlu sedikit memberi kompresi bisa membantu permasalahan ini, tapi kamu juga bisa membantu ini dengan hanya sedikit bergerak sedikit dari mic dengan tehnik miking yaitu menjauh dan mendekat saat bernaynyi pada nada tertentu.

Seorang vokalis yang tampil mungkin akan bergerak sedikit. Apabila kamu dekat dengan mic, bahkan hanya sedikit gerakan ke depan atau ke belakang sambil bernyanyi akan memiliki infleksi volume dramatis.

Baca : Melatih Diafragma Pada Vokal

Jika kamu mempunyai jarak sekitar 8-12 inci dan kamu bergerak sedikit, perbedaan volume tidak akan cukup banyak. Hal ini sangat membantu bahkan di luar kinerja apapun dari awal. Mengatur pop filter sekitar 6-8 inci dari mic akan membantu menjaga penyanyi pada jarak yang tepat jauh dari mic.

Seberapa Keras Level Dalam Merekam Vokal

Inilah yang jarang sekali orang perhatikan. Banyak orang yang cenderung merekam dalam level yang keras, mungkin dengan harapan supaya suara vokalis terdengar jelas, padahal itu baruproses rekaman. Sebaiknya dalam Teknik rekaman baik itu vokal maupun instrument lain. Sebaiknya di beri headroom dalam level volume pada input sound card. Supaya bila nanti untuk kebutuhan mixing tidak peak atau over karena pada saat rekaman headroom sangat baik inputnya.

Kliping adalah saat Anda mencapai tingkat maksimum pada pre amp dan DAW dan klip sinyal atau distorsi. Ini adalah suara yang jelek dan tidak sesuai dengan metode rekaman yang sudah ada. Juka kamu ingin menghindari kliping dengan berbagai cara, beberapa DAW memiliki fungsi pengukuran tertentu, di mana kamu dapat melihat sinyal input dari audio interface / soundcard. Pastikan kamu tidak melebihi headroom, atau menseting level lebih keras, sekitar -18dbfs (rata-rata). Yang perlu kamu lakukan adalah melihat ukuran dan pastikan input sinyal tidak ada berada pada peak atau kliping.

Dengan memperhatikan input level pada saat rekaman baik vokal maupun instrument, Ini juga sangat membantu pada proses editing atau mixing. Jika kamu memiliki banyak track dalam satu lagu yang di rekam, maka kamu akan kesulitan jika input tiap track mengalami kliping atau peak. Begitu juga sebaliknya, jika kamu memperhatikan input saat rekaman maka proses editing dan mixing sangat mudah dan mempercepat waktu pengerjaan, secara input awal saat rekaman sudah nyaman dana man baik dari segi sinyal maupun dinamika.

Itulah tadi sedikit bacaan tentang Teknik Rekaman Vokal Supaya Terdengar Profesional

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top