You are here
Home > Review > Review Worlde Panda 25-Key Professional Studio MIDI Keyboard Controller

Review Worlde Panda 25-Key Professional Studio MIDI Keyboard Controller

MIDI atau Musical Instrument (with) Digital Interface,dapatlah dikatakan sebagai sebuah revolusi dalam perkembangan musik. Sebuah revolusi yang menjadikan pembuatan musik sebagai sebuah ranah yang hampir tanpa batas. Dengan menggunakan MIDI,alat dan piranti musik bisa saling berkomunikasi.

Banyak pemusik yang masih keliru memaknai MIDI. MIDI bukanlah perangkat. Melainkan MIDI adalah sebuah sistem. Dimana sebuah sistem komunikasi yang mempergunakan interfasa secara digital, Bentuk komunikasi dengan MIDI pun tidak sepenuhnya sempurna tanpa kekurangan. Sebagaimana layaknya sebuah komunikasi antar personal, diperlukan adanya pemahaman “bahasa” untuk sebuah ragam komunikasi yang efektif. Meskipun demikian,peran MIDI tak dapat dipungkiri sangatlah signifikan dalam memberikan paradigma dan cara pandang “baru” dalam produksi musik.

Review Worlde Panda 25-Key Professional Studio MIDI Keyboard ControllerHal lain,yang masih sering dipersepsikan oleh para pemula adalah bahwa MIDI bekerja bagaikan dua piranti musik yang saling berhadapan. MIDI tidak selamanya tampil dalam format yang sedemikian. Harap diingat kembali bahwa MIDI adalah sebuah sistem dan bukan alat. MIDI bisa tampil dalam bentuk software penulisan notasi musik. Seperti pada software Sibelius,Finale, Logix Pro X  dan juga Capella. Dengan MIDI, seorang komposer bisa secara relative sederhana mendengarkan hasil karyanya yang sudah dia tulis memakai software music notation di laptop atau PC nya.

Semesta pembicaraan MIDI dalam ranahnya sebagai sebuah sistem,menyertakan pula sebuah piranti yang fungsi dan peranannya sangat penting. Midi controller adalah sebuah piranti pengontrol midi. Midi controller dapat berwujud :

Hardware : Dalam hal ini bentuknya menyerupai electronic keyboard lengkap dengan tombol dan tuts, bisa juga berupa mesin seperty tone generator,bisa juga berwujud gitar atau juga alat tiup.

Software : Bentuknya adalah piranti visual.

Sebagai contoh saya akan menunjukan salah satu produk midi controller dalam bentuk keyboard yaitu Worlde Panda 25-Key Professional Studio MIDI Keyboard Midi Controller. Midi controller ini sangat kecil terdiri dai 2 octave atau 25 key, meskipun kecil namun terdapat beberapa fitur canggih yang dapat kita aplikasikan ke dalam software DAW. Berikut spesifikasi Keyboard controller miliknya Worlde Panda 25-Key Professional Studio MIDI Keyboard Controller

Specifications:

25 full size keys (non-weighted) – 2 Octaves

Pitch bend and modulation wheels

8 continual rotary function knobs

8 rubber piezo drum pads

6 assignable transport buttons

5-pin DIN MIDI In/Out

2 assignable footswitch jacks

6 velocity curves to choose from

Runs on 9v AC power OR USB power

USB interface, adaptable to USB 2.0 (FULL SPEED)

Compatible with Win 7 / Win XP and Mac OSX

 

Review FULL Video bisa Di Lihat Di SINI

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top