You are here
Home > Recording > Cara Merekam Midi Track Secara MultiOut Menggunakan SampleTank

Cara Merekam Midi Track Secara MultiOut Menggunakan SampleTank

Pada tulisan ini saya akan membagi tips Cara Merekam Midi Track Menggunakan SampleTank Secara Multi Out. Di tahun 1980-an, Dave Smith menciptakan sebuah teknologi bahas pemrograman yang digunakan secara universal oleh berbagai perangkat digital musik dengan nama MIDI, yang merupakan singkatan dari Musical Instrument Digital Interface.

MIDI tersimpan dalam bentuk data file seperti data program komputer yang lain. Hanya saja MIDI mempunyai Standard MIDI File (SMF) tersendiri berbentuk .mid. Data file dengan format khusus MIDI ini dapat dibaca oleh sebuah sistem yang disebut General MIDI (GM). Adapun koneksi MIDI ini melalui sebuah kabel khusus atau yang biasa disebut dengan MIDI port.

MIDI port mempunyai tiga jenis, yaitu MIDI in, yang berfungsi sebagai jalur penghubung untuk menerima data MIDI dari luar. Kemudian MIDI out, yang berfungsi sebagai jalur penghubung untuk mengirim data MIDI keluar. Dan yang terakhir adalah MIDI thru, yang berfungsi sebagai jalur penghubung untuk meneruskan data MIDI.

Saat ini data MIDI juga dapat ditransfer melalui jalur USB maupun firewire. Sehingga saat ini secara umum produk-produk piano elektrik sudah dilengkapi dengan fasilitas MIDI. Hal ini dapat diketahui dengan melihat MIDI port pada bagian belakangnya.

Bahasa MIDI terus berkembang di dunia musik digital. Demikian juga di dunia recording. Dengan berbasis teknologi MIDI, berbagai instrument musik asli, seperti : gitar, drum, bass, piano, dan lain-lain, diolah sedemikian rupa menjadi sebuah software yang dapat dimainkan dan direkam. Dengan kata lain, kita dapat membuat musik dengan berbagai instrument musik yang tidak terbatas karena memang tidak dibutuhkan instrument asli dalam pengerjaannya.

Silahkan Di Praktekan dengan melihat Video Tutorial Cara Merekam Midi Track Secara MultiOut Menggunakan SampleTank

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top