You are here
Home > Music > Sejarah Di Tetapkanya Peringatan Hari Musik Nasional (HMN)

Sejarah Di Tetapkanya Peringatan Hari Musik Nasional (HMN)

Ada beberap cara untuk mengenang dan menghormati tokoh kita salah satunya dengan pembuatan hari peringatan. Pada tulisan ini kami akan membahas tentang ” Hari Music Nasional ” yang jatuh pada tanggal 9 Maret. Hari itu ditetapkan sebagai peringatan Hari Musik Nasional (HMN). Kenapa 9 Maret, karena pada tanggal tersebut merupakan hari kelahiran WR Soepratman. Hari yang baru pertama kali diperingati mulai tahun 2013 ini yang diusulkan oleh beberapa artis yang tergabung dapam Persatuan Artis Pencipta dan Rekaman Musik Indonesia (PAPRI).

Wage Rudolf Soepratman lahir pada 9 Maret 1903. Beliau adalah pencipta lagu kebangsaan kita “Indonesia Raja” (Indonesia Raya). Soepratman wafat pada 1938. Beliau  tidak punya kesempatan atau tak sempat menyaksikan lagu ciptaannya dikumandangkan pada hari pembacaan teks proklamasi, 17 Agustus 1945.

Penetapan dan Pengukuhan 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional sebetulnya telah direncanakan sejak era Presiden Megawati Soekarnoputri menjabat , yaitu pada tanun 2003. Akan tetapi HMN baru di sahkan pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013.

Diharapkan, adanya HMN dapat meningkatkan apresiasi lebih terhadap musik nasional.

Pengukuhan hari musik nasional dengan mempertimbangkan bahwa musik adalah suatu bentuk ekspresi budaya yang bersifat universal serta multidimensional, yang mampu mempresentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan, dan memiliki peran strategis dalam upaya pembangunan nasional.

Baca : Cara Menulis Lagu Untuk Pemula

Para insan musik Indonesia bersama masyarakat, selama ini sudah banyak yang memperingati tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional,” dengan berbagai bentuk peringatan musik salah atunya dengan membuat event konser music atau kompetisi musik dengan tujuan meningkatkan mutu dan kualitas musik indonesia dan pembentukan bakat-bakat baru di kalangan muda-mudi Indonesia supaya generasi penerus mempunyai kemampuan yang baik.

Selain itu, PAPPRI ( Persatuan Artis, Penyanyi,Pencipta Lagu Republik Indonesia ) juga ingin membangun rasa solidaritas dan kepedulian terhadap musisi indonesia yang pernah memberikan kontribusi pada musik di tanah air.

“Kami ingin menaikan kesejahteraan pencipta lagu, dan musisi agar juga dapat perhatian dari pemerintah,” ujar Roro Rachmawati yang juga pemilik LPK Andhika Putra ini.

Top