You are here
Home > Tips > Melatih Vokal Diafragma Untuk Menyanyikan Nada Tinggi

Melatih Vokal Diafragma Untuk Menyanyikan Nada Tinggi

Apakah kamu Ingin bisa mencapai nada tinggi saat bernyanyi tetapi sulit untuk melakukannya? Kamu nggak perlu menghabiskan uang yang banyak untuk pergi kursus dan membayar guru vokal yang mahal. Kamu bisa mencoba step-step berikut ini untuk melatihnya di rumah.

Pemanasan Untuk Suara
Pemanasan suara bisa kamu lakukan dengan cara bersenandung sesuai lagu yang kamu senangi dan di ulang-ulang sampai kamu hafal dan menguasai ritme dari lagu tersebut. Setelah itu coba kamu bernyanyi dengan memperlebar jangkauan nada Anda dengan menyenandungkan nada terendah darilagu tadi sampai mana kamu mencapai nada paling rendah, lalu bergerak ke atas menuju nada tertinggi dan kembali lagi ke bawah seperti sirene. Lakukan dan ulangi langkah ini beberapa kali sampai kamu merasakan perbedaannya. Sebaiknya Anda memanaskan nada tengah terlebih dahulu sebelum bergerak ke nada tertinggi dan terendah.

Bernapas Dengan Benar
Sebaiknya kamu bernapas dengan menggunakan diafragma, dengan kata lain, saat Anda menarik napas, perut Anda harus naik terlebih dahulu, baru dada. Caranya dengan berdiri tegak lurus lalu coba ucapkan “hah, hah” dengan cepat untuk merasakan sentakan air yang keluar dengan cepat dari bagian bawah perut Anda. Ini disebut sebagai “penopang” suara. Atau istilahnya nafas anjing.

Awali di bagian tengah rentang suara Anda dan nyanyikanlah nada yang lebih tinggi dan lebih tinggi lagi. Terus nyanyikan nada dengan nada naik dan kemudian bawah. Namun jangan di paksa untuk mencapai nada tinggi jika belum mampu, perlu di latih secara berkala. Untuk mencegah sakit tenggorokan. Minumlah air HANGAT secukupnya untuk menghidrasi pita suara. Dan jangan minum air dingin atau susu sebelum latihan menyanyi. Air dalam suhu ruangan netral adalah pilihan terbaik.

Bernyanyi Dengan Perut, Jangan Pakai Tenggorokan
Dengan menggunakan tenggorokan untuk bernyanyi pada nada tinggi akan menyiksa bahkan bisa merusak pita suara dan itu sangat menyakitkan yang nanti bisa berakibat radang tenggorokan karena telah di paksa tidak sesuai dengan kemampuan dari tenggorokan dan pita suara kita. Cara menyanyikan lagu dengan nada tinggi, dorong perut Anda sehingga terlihat menonjol kedepan lagi seperti balon yang sedang ditiup. Mungkin kedengarannya aneh tetapi sebenarnya hal ini memungkinkan paru-paru untuk mengambil udara lebih banyak lagi.

Modifikasi Huruf Vokal Dengan Tepat
Setiap suara memiliki huruf vokal tertentu yang sangat bagus saat dinyanyikan dalam nada tinggi. Kamu harus banyak melakukan eksperimen untuk mencari huruf vokal mana yang kamu anggap paling bagus. Saat kamu sudah menemukan huruf vokal yang paling bagus, selanjutnya mencoba untuk memodifikasi sedikit demi sedikit ke arah huruf vokal tersebut saat Anda menaiki tangga nada. Untuk hasil yang maksimal di perlukan latihan rutin secara berkala supaya mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan yang kamu harapkan.

One thought on “Melatih Vokal Diafragma Untuk Menyanyikan Nada Tinggi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top