You are here
Home > Tips > Cara Merekam Gitar Akustik Supaya Hasilnya Bagus

Cara Merekam Gitar Akustik Supaya Hasilnya Bagus

Temen – temen  memiliki gitar akustik, & mau rekaman akan tetapi masih bingung untuk memulai dari mana? Ikuti beberapa langkah berikut ini utk  merekam dengan hasil yg bagus.

Langkah-langkah Cara Rekaman Gitar Akustik

Ada dua cara dalam merekam gitar akustik yaitu dengan memakai microphone dengan cara todong atau direct input ( colok pickup )

Tidak Sedikit gitar yang mempunyai pickup, Perlunya untuk memudahkan porses Direct Input langsung ke Perangkat ( soundcard ). Ini merupakan cara paling gampang,akan  tetapi kadang suaranya kurang oke, menurut saya sound yang di hasilkan dari direct input kurang real dan cenderung tipis. Bila temen-temen ngga mau ribet dengan microphone, kamu bisa pakai cara direct. Untuk merakam gitar akustik menggunakan microphone diperlukan ruang akustik yang memadai, supaya sound yang di hasilkan sesuai dengan yang kita inginkan.

Baca : Tips Membeli Gitar Klasik Yang Terbaik

Kenapa perlu ruangan dengan treatment akustik  yang baik ? karena 70% suara yang kita dengar merupakan efek dari ruangan itu sendiri.

Sebagai contoh kamu coba bicara mepet di depan tembok, dengan menjauh sekitar 1 meter dari tembok, maka akan terdengar perbedaan di mana jika kita bicara mepet di depan tembok suara yang di hasilkan terdengar sempit akan ruangan di banding kita mundur 1 meter tadi. Dan kenapa ketika nyanyi di kamar mandi terdengar seperti ada reverbnya, karena kamar mandi tidak ada bahan yang bisa menyerap suara. Lain halnya dengan nyanyi di kamar tidur yang otomatis banyak bahan-bahan penyerap, seperti busa shofa, baju, tempat tidur, almari dll.

Baca : Fenomena Ruang Akustik Tertutup

Nah kembali lagi pada pembahasan kita cara merekam gitar akustik supaya hasilnya bagus. Jika temen2 mau sound yg lebih keren, atau gitar temen2 tak di lengkapi pickup, temen2 bisa memanfaatkan microphone buat merekam sound gitar akustik. Microphone yg paling tidak jarang difungsikan buat gitar akustik merupakan mic berdiafragma mungil atau pencil condenser. Tetapi temen2 masih bisa memakai microphone type apapun kok. Cara paling bagus sih penggunaan Mic dan Direct Input secara bersama, berguna dalam pemilihan sound pada waktu mixing nanti. Silahkan temen2 coba dengan berbagai microphone di segala sisi, cari sound yang di inginkan, misal dengan meletakkan microphone di depan gitar, tepatnya di antara sambungan neck & body gitar. Jaraknya seputar 10 – 15 centi meter, cobalah eksperimen mencari jarak yg tepat yg membuahkan nada terbaik.

Sekarang Masuk Proses Rekaman

Mencoba untuk mendengarkan hasil akhirnya, bila dirasa kurang puas, untuk sedikit perubahan. Pindahkan microphonenya mendekat atau menjauh. Jika temen-temen menggunakan pickup, coba ubah settingannya. Jikalau telah dirasa suaranya udah dapet sesuai yang di inginkan, bisa langsung di rekam. Bila ingin lebih oke lagi, dapat pakai Equalizer, compression, chorus, & reverb utk meningkatkan mutu nada gitar akustik temen-temen. Nah semua itu tak luput dari skill pemainnya sendiri, sebagus apapun alat kalau pemainnya amatir jangan harap hasilnya bagus, baik dari segi sound maupun musiknya.

Nah itu tadi sedikit tips cara merekam gitar akustik supaya hasilnya bagus. Semoga bermanfaat

One thought on “Cara Merekam Gitar Akustik Supaya Hasilnya Bagus

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top