You are here
Home > Music > Apakah Musisi Masih Perlu Merilis Album Fisik Di Era Digital?

Apakah Musisi Masih Perlu Merilis Album Fisik Di Era Digital?

Apakah Musisi Masih Perlu Merilis Album Fisik Di Era Digital

GabsDaily.COM – Selama kurang lebih lima tahun terakhir , tidak sedikit perubahan yang di alami industri musik Indonesia. Dengan masuknya era digital ke Indonesia tentu memberi beberapa dampak, di antaranya positif maupun negatif terhadap industri saat ini.

Perubahan itu dirasakan sendiri oleh para pelaku di dunia musik, mereka mengakui dengan adanya lagu atau musik berbentuk digital secara tidak langsung bentuk fisik sebuah album kini jarang yang minat atau sudah tidak laku. Bahkan, hampir menghilang.

Baca Juga Cara Mudah Jual Lagu Secara Online – Digital Music Store

Sekarang zaman sudah digital. Ada istilah sharing dan ada istilah streaming yang legal

Meski demikian, salah satu label rekaman di Indonesia Sony Music Entertainment masih menganggap penting untuk merelease album dalam bentuk fisik. Meski sudah banyak yang beralih ke dunia digital, salah satu label musik terbesar di Indonesia itu terus mencari cara bagaimana cara mendistribusikan musik seorang musisi menggunakan album fisik agar tetap dinikmati masyarakat.

Mungkin beberapa orang ada yang masih mengumpulkan album fisik dari musisi idolanya, dengan alasan eksistensi dan kontinuitas karya seorang musisi perlu di rawat dan di apresiasi melalui album fisik. Karya memang wajib di kenang di hati,tapi jangan lupa ketika karya dapat di genggam ada rasa lain yang membuat karya itu lebih bermakna.

Ada rasa sendiri ketika kita membeli album fisik, dimana kita bisa membaca biografi sang idola yang tertulis di cover album cd maupun kaset. Di situ kita juga bisa langsung menghafal lirik ketika kaset / CD diputar di Tape atau CD player. Dan kelak album fisik itu dapat di simpan rapi untuk jadi koleksi di masa yang akan datang. Sebagai bentuk apresiasi terhadap karya dari musisi yang sudah berkarya di bidangnya.

Mungkin anak jaman now sudah tidak mengenal yang namanya Tape atau CD player, dimana saat ini semua ada dalam genggaman. Mereka mendengarkan music cukup dengan cara streaming atau bahkan membeli langsung dari gadget mereka.

Namun bagi para musisi yang masih menjual album secara fisik mereka berupaya cari solusi bagaimana supaya penjualan album fisik mereka tetap terjual ?. salah satunya dengan menjual Box Set yang isinya ada album CD itu sendiri, Merchandise berupa T-Shirt, Buku, atau bahkan collage foto album mereka selama penggarapan album.

Jadi untuk musisi yang mau menjual karyanya namun masih bingung mau di jual secara fisik atau digital, saran saya lihat dulu target marketnya siapa. Kalau lagu kalian agak alay-alay atau bercerita tentang remaja, alangkah baiknya di rilis secara digital. Mengingat anak generasi jaman now tidak kenal yang namanya tape atau CD player. Meskipun di pasaran masih ada yang jual perangkat tersebut, namun intensitas mereka dengan perangkat tersebut kalah dengan gadget yang mereka pegang setiap saat. Namun tidak menutup kemungkinan juga untuk merilis album secara fisik. Nah semua kembali kepada kita sendiri, mau menjual lagu secara online ada iTunes, Spotify, Joox dll.

Itulah tadi sedikit jawaban dari pertanyaan apakah musisi perlu merilis album fisik di era digital.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top